Tak Suka Dengan Daging Kambing?, Baca Ini Dulu ya! Inilah 8 Manfaat Daging Kambing untuk Kesehatan, No 3 Tak Disangka-sangka!

Banyak yang tidak suka memakan daging kambing, padahal dalam daging kambing mengandung gizi yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan gizi yang terdapat dalam daging kambing tiap 100 gram memang tinggi, lemak sebanyak 11 gram, lemak jenuh 5 gram, kolesterol 109 mg, sodium 135 mg, energi 109 kkal. Komponen lainnya seperti mineral, vitamin dan berbagai asam amino juga lengkap sehingga sangat bagus dikonsumsi untuk tubuh. 


Jadi, stigma negatif daging ini untuk tubuh kita yang terlanjur tersemat di pikiran orang harus dibuang jauh-jauh. Nah Berikut 8 Manfaat daging kambing bagi kesehatan anda:

1. Menjaga kesehatan jantung
Jangan salah lagi yah, daging domba dan kambing hanya mengandung kurang lebih 1 gram kolesterol. Sama sekali sangat kecil dan tak mampu meningkatkan kolesterol dalam pembuluh darah secara signifikan. Justru konsumsi daging merah ini bisa mempertahankan kesehatan jantung, mencegah penyakit jantung koroner, aterosklerosis, dll.

2. Mencegah kanker
Khasiat daging kambing ini berkat adanya kandungan mineral dan vitamin seperti zat besi, kolin, vitamin B, dan selenium yang cukup tinggi. Terutama zat kolin dan selenium yang berperan besar dalam hal menangkal serangan kanker dan perkembangan sel-selnya. Asam linoleat terkonjungasi atau CLA terbukti ampuh mencegah peradangan akibat kanker dan tumor ganas.

3. Mengurangi berat badan
Jangan salah, konsumsi daging tak membuat Anda gemuk lho. Justru bisa mengurangi berat badan. Khasiat daging kambing ini berkat adanya protein tinggi beserta lemak cukup rendah yang membantu mengendalikan berat badan, mencegah obesitas, dan kegemukan. Metabolisme pembakaran lebih lancar berkat adanya vitamin B.

4. Mencegah anemia
Khasiat ini berkat adanya zat besi yang cukup tinggi. Zat besi ini dibutuhkan oleh tubuh untuk pembentukan sel-sel darah merah atau hemoglobin. Dengan jumlah sel-sel darah merah yang cukup tentu akan mencegah tubuh dari serangan anemia. Itulah kenapa olahan masakan kambing sangat dianjurkan dikonsumsi oleh kaum hawa.

5. Membuat bayi lahir sempurna
Zat besi juga berperan penting dalam mencegah bayi terlahir cacat. Hal ini berkat terbebasnya si ibu dari kekurangan darah atau anemia selama kehamilan. Seperti diketahui bersama, sel-sel darah merah merupkan alat pengangkut nutrisi ke janin sehingga nutrisi untuk bayi terpenuhi. Konsumsilah daging merah ini secara rutin pada masa usia kehamilan 3 bulan pertama.

6. Meredakan rasa nyeri ketika haid/ menstruasi
Ketika haid datang, rasa nyeri begitu mengganggu dan terasa sangat sakit. Hal ini karena pada saat itu banyak zat besi dari dalam tubuh sedang terbuang. Untuk mengatasi kondisi ini, santaplah daging hewan ini secara rutin tiap hari supaya kebutuhan zat besi dalam tubuh terpenuhi. Zat besi ini merupakan salah satu struktur utama penyusun sel-sel darah merah (hemoglobin).

7. Menjaga kesehatan kulit
Khasiat daging kambing ini berkat zat vitamin B12 yang cukup tinggi sehingga mampu menjaga kesehatan kulit, mengencangkan kulit, mencegah infeksi jamur, bahkan bisa melenyapkan bulu. Itulah kenapa di pasaran banyak dijual ekstrak vitamin B12 yang berasal dari daging hewan ini.

8. Menangkal stress
Masih berkaitan dengan peran vitamin B12, zat ini memberikan reaksi menenangkan pikiran dan menyehatkan sel-sel syaraf. Inilah yang membuat orang merasa lebih baik dan lebih segar. Juga membuat psikologis seseorang menjadi lebih baik setelah mengkonsumsi olahan masakan kambing.
Loading...
Back To Top