Wajib Tahu, Inilah 10 Manfaat SANTAN Bagi Kecantikan Anda! No 8, Special Untuk Anda Yang Memiliki Kulit Berminyak

Banyak Orang yang hanya tahu memanfaatkan santan untuk membuat masakan, tetapi ternyata santan memiliki banyak manfaat bagi kecantikan kulit lho. Inilah 10 Manfaat Santan bagi kecantikan Anda.


1. Membersihkan kulit dan pori-pori kulit

Santan kelapa bermanfaat untuk membantu membersihkan pori-pori kulit. Caranya itu Anda bisa menggunakan santan kelapa sebagai scrub yang dioleskan ke wajah, dengan cara ini pori-pori kulit bisa dibersihkan, dan juga bisa mencegah timbulnya jerawat dan komedo.

Cara penggunaannya pun juga cukup mudah, dengan cara mencampurkan 4 sdm santan kelapa, 1 cangkir garam halus, dan 1,5 liter minyak kelapa. Campurkan semuanya sampai rata, kemudian oleskan pada kulit sambil Anda pijat dan gosok secara perlahan dan merata. Selain itu, cara ini juga ampuh untuk mengangkat sel kulit mati.

2. Menghaluskan kulit

Selain untuk membersihkan, santan kelapa juga bermanfaat untuk menghaluskan kulit yang memiliki tekstur yang kasar. Karena sebagian besar kulit kasar ini disebabkan oleh sel kulit mati, nah seperti yang sudah saya jelaskan di poin sebelumnya, sel kulit mati bisa diatasi dengan menggunakan scrub santan kelapa yang berfungsi untuk menghaluskan kulit.

Caranya itu dengan mencampurkan satu mengkok santan kelapa dengan seperempat sendok makan bubuk kunyit, aduk hingga rata lalu gosokkan perlahan ke seluruh bagian tubuh. Diamkan selama 5-10 menit kemudian bersihkan dengan air hangat.

3. Mencerahkan kulit wajah

Tidak cuma susu, bengkoang, dan yogurt saja, santan kelapa juga mempunyai kandungan vitamin yang bisa mencerahkan kulit wajah Anda. Anda bisa menggunakan santan kelapa ini sebagai masker wajah atau untuk membersihkan kulit wajah.

4. Melembabkan kulit

Anda bisa mendapatkan kulit yang lembab dan cantik hanya dengan menggunakan santan kelapa. Caranyapun sangat mudah sekali yaitu tinggal Anda oleskan minyak kelapa pada kulit wajah anda dan diamkan selama 30 menit. Lakukan setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal. Maka kulit Anda akan lembab dan cantik alami.

5. Mencegah serta mengatasi komedo dan jerawat

Santan kelapa dipercaya memliki khasiat yang sangat baik untuk membersihkan pori-pori kulit dari kotoran, jadi bisa mencegah dan mengatasi timbulnya komedo dan jerawat. Komedo dan jerawat ini merupakan masalah yang umum diderita semua orang. Meskipun bukan suatu penyakit yang berbahaya, tapi keduanya ini bisa merusak penampilan wajah.

6. Mengatasi keriput/kerutan dan tanda penuaan

Santan kelapa bisa Anda gunakan untuk membasuh wajah dan bermanfaat untuk mencegah kerutan halus sekaligus menyamarkan flek hitam. Karena santan kelapa mengandung vitamin C yang mampu mengembalikan kekencangan kulit.

Cara penggunaannya itu cukup mudah, dengan cara mengoleskan santan kelapa pada kulit wajah, diamkan selama beberapa menit, baru setelah itu Anda bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap malam untuk bisa memperoleh hasil yang maksimal.

7. Membersihkan bekas make up

Anda bisa membersihkan make up dengan menggunakan santan kelapa. Kotoran bekas make up yang masuk ke dalam pori-pori kulit akan terangkat dengan mudah menggunakan santan kelapa. Caraya yaitu oleskan santan kelapa pada kulit wajah Anda sambil dipijat secara lembut, setelah itu bilas dengan air sampai bersih.

8. Mengurangi minyak wajah

Produksi minyak berlebih di wajah membuat riasan cepat luntur. Selain itu kulit berminyak juga membuat penampilan menjadi lusuh. Santan kelapa bisa digunakan untuk mengurangi produksi minyak di kulit wajah. Tambahkan parutan kelapa dengan sedikit air agar parutan kelapa menjadi bubur. Tempelkan pada seluruh wajah biarkan selama 20-30 menit. Bersihkan parutan kelapa dan bilas dengan air dingin.

9. Melindungi kulit dari sinar UV matahari

Seperti yang kita ketahui akan bahaya sinar UV matahari yang dapat merusak kulit seperti menyebabkan kulit merah, terbakar, gelap dan lain sebagainya. Tapi sekarang Anda tidak perlu kawatir lagi, karena masalah sinar UV bisa diatasi dengan menggunakan santan kelapa. Berdasarkan penelitian, santan kelapa mampu melindungi kulit serta mengatasi masalah kulit yang disebabkan oleh sinar UV matahari.

10. Menghilangkan kulit mati

Scrub dari santan kelapa efektif membersihkan pori-pori dan membantu pengelupasan kulit mati, membuat kulit lembut dan tampak sehat. Untuk mendapatkan manfaatnya anda bisa mencampurkan 1 cangkir garam, 4 sdm. santan kelapa, dan 1-2 sdm minyak kelapa sebagai pewangi. Tambahkan santan kelapa hingga campuran kekentalannya sesuai keinginan. Oleskan campuran ini pada kulit untuk mendapatkan efek pengelupasan alami dan murah yang dapat digunakan di seluruh tubuh.

Sumber: https://www.rumahmesin.com

Loading...
Back To Top