JANGAN COBA-COBA Memanaskan Kembali Sayur Ini Jika Tak Ingin KERACUNAN! Bahkan Dapat Mengancam Nyawa Anda!

Sayuran memang sangat baik untuk kesehatan tubuh, tetapi perlu diketahui bahwa ada beberapa sayurang yang pantang untuk dihangatkan atau dipanaskan kembali. Karena selain kandungan gizi yang ada didalamnya menghilang juga dapat menimbulkan masalah kesehatan yang serius bagi tubuh anda.


Berikut daftar sayurang yang tidak boleh dihangatkan kembali untuk dimakan:

1. Bayam

Sayur yang satu ini pasti tidak asing lagi, banyak yang sudah tahu kalau bayam merupakan salah satu sayuran yang tidak boleh dipanaskan kembali. Bayam mengandung banyak zat besi, kaya vitamin, mineral dan serat tinggi, itulah sebabnya sayur ini akan tampak berwarna kehitaman setelah beberapa jam dimasak. Jika masih ada sisa jangan panaskan sayur ini untuk dimakan kembali karena kandungan nitrat dalam bayam akan berubah menjadi nitrit dan bersifat zat karsinogen atau pemicu kanker.

2. Brokoli

Brokoli mempunyai kandungan vitamin A dan C yang sangat baik untuk tubuh. Mengkonsumsi brokoli secara rutin dapat membuat tubuh menjadi sangat sehat. Namun, sama halnya seperti bayam, Brokoli juga mengandung nitrat seperti bayam. Nitrat ini akan berubah menjadi asam nitrat yang memicu tumbuhnya sel karsinogenik jika dipanaskan secara berulang ulang.

3. Kentang

Kentang juga hampir mirip dengan bayam. Kandungan nutrisi pada kentang akan menghilang jika kentang dipanaskan kembali.Selain itu, jika proses pemanasan terjadi berulang ulang resiko oksidasi juga akan terjadi. Keadaan ini justru akan sangat berbahaya karena kentang itu sendiri akan berubah menjadi beracun.

4. Seledri

Tak jauh berbeda seperti bayam, seledri ini juga tidak baik jika dipanaskan secara berulang ulang. Seledri mempunyai kandungan nitrat seperti bayam yang jika dipanaskan akan berubah menjadi asam nitrat . Asam nitrat ini yang beresiko memicu tumbuhnya kanker.

5. Jamur

Jika sudah terlanjur memasak jamur dalam porsi yang cukup besar, lebih baik mengkonsumsinya dalam keadaan dingin. Jangan menghangatkan kembali karena menghangatkan jamur dapat menghilangkan protein yang terdapat pada jamur, bahkan lebih buruk lagi akan menyebabkan masalah pencernaan seperti diare atau perut terasa begah.
Loading...
Back To Top