TAK DISANGKA! Inilah 10 Manfaat Singkong Rebus Yang LUAR BIASA! No 6 dan 7 Baik Untuk Anak Anda! Baca Selengkapnya Yuk

Singkong atau ketela pohon atau ubi kayu merupakan makanan pokok sumber karbohidrat yang dapat menjadi pengganti beras. Singkong merupakan tanaman yang tumbuh di daerah yang hangat dan lembab dengan berbagai suhu negara tropis. Singkong akan tumbuh dengan baik di daerah yang banyak terkena cahaya, tanah liat berpasir atau pasir liat yang lembab, subur dan mendalam. Tetapi dalam prakteknya, singkong tetap dapat tumbuh pada berbagai jenis tanah, asalkan tekstur tanah cukup gembur untuk memungkinkan pengembangan umbi.


Singkong dapat dinikmati dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan direbus. Selain rasanya yang gurih ternyata singkong memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini 10 manfaat singkong rebus:

1. Mengatasi Rematik

Cara mengatasi rematik dengan singkong adalah:
siapkan 100 gram singkong
satu batang sereh
15 gram jahe
1.000 cc air
semua bahan direbus hingga airnya tersisa 400 cc
kemudian disaring, air rebusan yang bisa anda minum 200 cc saja ( jangan terlalu banyak)

2. Menyembuhkan Luka Bernanah dan Terbakar

Untuk luka bernanah, siapkan singkong segar yang sudah di tumbuk, lalu tempelkan ke tubuh yang luka bernanah.
Sedangkan untuk luka terbakar, cara mengatasinya dengan menyiapkan singkong yang sudah diparut lalu diperas. Setelah itu diamkan airnya beberapa saat sampai patinya mengendap. Lalu patinya tersebut dioleskan ke tubuh yang luka terbakar.

3. Mencegah Anemia

Kandungan mineral dan zat besi yang ada di dalam singkong berguna untuk membantu proses pembentukan sel-sel darah merah.
Jadi tubuh terhindar dari Anemia.

4. Baik untuk Diet Rendah Lemak

Manfaat singkong rebus lainnya adalah karena prosesnya direbus bukan digoreng, menjadikan singkong rendah lemak dan rendah kalori.
Walaupun singkong di dalamnya terkandung karbohidrat yang tinggi, karena prosesnya direbus sehingga aman untuk anda yang sedang melakukan diet lemak.

5. Melancarkan Pencernaan

Singkong mempunyai banyak kandungan Insoluble Fiber atau serat yang tidak larut dalam air. Serat jenis ini baik untuk memperlancar proses buang air besar, serta menyerap dan membuang toksin di dalam usus, sehingga pencernaan bisa terjaga kesehatannya dengan baik.
Tubuh bisa terhindar dari dari masalah gangguan pencernaan seperti susah buang air besar (BAB), wasir perut kembung  dan sembelit. Jika rutin mengkonsumsi singkong.

6. Pertumbuhan Otak

Singkong rebus juga kaya akan vitamin B dan juga komponen penting lainnya. Seperti asam pantotenant, riboflavin, piridoksin, folat dan juga thiamin yang bagus untuk pertumbuhan otak.

7. Membantu Pertumbuhan

Singkong dapat meningkatkan massa tulang dan membantu pertumbuhan. Singkong mengandung vitamin K. Vitamin K ini berperan dalam pencegahan ostoeporosis dan juga mempercepat jalannya pertumbuhan tulang.

8. Menurunkan Kolesterol Darah

Singkong juga bisa menurunkan kolesterol LDL yang dianggap sebagai kolesterol jahat. Selain itu singkong juga dapat membantu menurunkan tridliserida karena kandungan seratnya yang tinggi. Singkong juga dikenal sebagai sumber saponin. saponin akan mencegah asam empedu dan kolesterolagar tidak diserap oleh usus kecil.

9. Menigkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Serat pada singkong dapat mendorong pertumbuhan probiotik atau bakteri baik di dalam usus, probiotik itu sendiri dikenal sebagai bagian dari sistem kekebalan tubuh. Pertumbuhan bakteri baik di dalam usus manusia dapat meningkatkan kekebalan dengan membatasi jumlah mikroorganisme patogen dalam tubuh.

10. Membantu Mengurangi Stress dan Kecemasan

Vitamin dan mineral di dalam singkong juga dikenal dapat membantu tubuh mengurangi stres dan kecemasan. Magnesium yang terkandung di dalam singkong juga diketahui dapat menjadi pereda stres dan membantu dalam menenangkan sistem saraf.
Loading...
Back To Top