STRESSS Kerjaan Menumpuk?, Atau Patah Hati? Inilah 10 Makanan Yang Diyakini Dapat Meredakan STRES, Yuk Simak Selengkapnya!

Stres kadang dialami oleh seseorang. Sebenarnya hal ini wajar, namun jika berlarut-larut dapat membahayakan kesehatan mental. Berbagai permasalahan dalam kehidupan seseorang dapat memicu terjadinya depresi. Banyak cara untuk mengatasi stres, salahsatunya adalah dengan refresing dan makan.


Nah berikut daftar makanan yang dipercaya dapat membantu mengurangi stres:

1. Madu
Madu kaya vitamin dan antioksidan. Madu sangat membantu regenerasi sel, melawan depresi, meningkatkan kekebalan tubuh, sebagai anti peradangan dan antibiotik. Rasa manis madu memberikan efek ketenangan. Nutrisi pada madu sebagai pendorong energi.

2. Ubi
Kebutuhan akan karbohidrat maupun gula meningkat saat stres. Karbohidrat, betakaroten, gula, vitamin, dan serat yang dikandung ubi membantu tubuh memprosesnya secara pelan.

3. Jeruk
Vitamin C pada sebuah jeruk juga efektif mengurangi stres. Ini juga mengembalikan kortisol dan tekanan darah ke tingkat normal, tanpa tekanan.

4. Pisang
Stres bisa membaik dengan mengkonsumsi pisang. Ini dikarenakan pisang kaya vitamin A, B, dan C. Demikian pula mineral yang dikandung buah ini sangat bermanfaat bagi tubuh, terutama saat stres. 

5. Alpukat
Cara yang baik untuk menurunkan tekanan darah yaitu dengan asupan kalium yang cukup. Ini bisa anda temukan pada alpukat.

6. Segelas susu
Trytophan yang dikandung susu diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yaitu hormon yang meningkatkan suasana hati nyaman. Demikian pula, susu kaya mineral.

7. Teh hitam
Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa minum teh hitam sebanyak 4 kali setiap hari dalam jangka waktu 6 minggu, dapat menurunkan hormon penyebab stres.

8. Cokelat panas
Suhu tubuh menjadi hangat merupakan satu pertanda bahwa kita merasa nyaman. Minuman cokelat panas dapat meningkatkan suhu badan. Otak akan merespon bahwa kita sedang nyaman.

9. Teh hijau
Kandungan theanine pada teh hijau berperan membantu otak dalam memerintah tubuh supaya rileks, dengan cara membuat gelombang beta dan mendorong gelombang alpha sehingga mengurangi reaksi ketegangan.

10. Minum air dingin
Minumlah air dingin, kemudian pergi ke luar ruangan untuk mendapat udara segar. Ini akan menstimulasi endorphin sehingga meredam stres.

Loading...
Back To Top