Tak Hanya untuk Mencerahkan Kulit, Inilah 10 Manfaat Lain Bengkuang untuk Kesehatan Anda! No 9 Baik Untuk Anak Dalam Masa Pertumbuhan!

Seperti banyak orang tahu Bengkuang memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit, tetapi tak hanya itu saja ternyata bengkoang masih memiliki banyak manfaat lain. Bengkuang mengandung air yang cukup banyak sehingga baik untuk suplai cairan dalam tubuh. Buah ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh serta banyak terdapat kandungan gizinya. Kandungan yang ada pada buah ini seperti Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat, Kalsium, kalium, serat, zat besi, Fosfor, Vitamin B1, Vitamin C. Kandungan tersebut dipercaya memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh.


Berikut 10 manfaat dari buah Bengkuang selain untuk mencerahkan kulit.

1). Mengobati sariawan

Manfaat pertama pada buah bengkoang yakni mengobati dari sakit sariawan. Biasanya jika yang disarankan hanyalah jeruk, namun ternyata bengkoang mengandung vitamin C cukup tinggi dan bisa mengobati sariawan anda. untuk mengobati sariawan secara langsung, buat jus bengkoang  kemudian kumur-kumur di mulut lalu buang, atau meminumnya perlahan agar jus tersebut terkena sariawan yang dimaksud.

2). Menjaga kesehatan wanita usia lanjut

Wanita usia lanjut akan mengalami menopause yang menyebabkan tubuh tidak lagi berpenampilan menarik atau lebih cerah dan juga segar. Hal ini bisa dibantu oleh bengkoang yang mengandung esterogen yang bisa membantu wanita usia lanjut terlihat lebih cerah dan juga menarik. Konsumsi buah atau jusnya setiap 2 hari sekali atau satu minggu 3 kali.

3). Membuat kulit lebih sehat

Seperti yang dikatakan tadi, bahwa bengkoang mengandung vitamin C dan B yang berguna untuk kulit. Bengkoang akan menyebabkan kulit lebih sehat dan terawat. Serta membuang kulit mati. Parut bengkoang kemudian tempelkan pada wajah dan kulit, setelah itu diamkan selama 30 menit dan bilas. Bengkoang juga sering digunakan sebagai campuran bahan perawatan tubuh wanita.

4). Mencegah penuaan dini

Penuaan dini banyak ditakutkan oleh wanita, terutama diatas usia 25. Penuaan dini ditandai dengan mengkerutnya kulit bagian bawah mata atau dekat bibir. Bengkoang ternyata bisa mencegah terjadinya penuaan dini dengan mengkonsumsinya atau membuat buah tersebut menjadi masker. Karena bengkoang mengandung vitamin C yang bisa menutrisi kulit, dan menghindari dari penuaan dini.

5). Mencegah Asma

Bengkoang mengandung magnesium sebesar 3% dari buah tersebut. nyatanya, magnesium dapat meringankan penderita asma. asien asma kronis mungkin dapat menormalkan napas mereka dengan bantuan suplemen magnesium, yang membantu dalam relaksasi otot-otot bronkus dan menormalkan pernapasan. Bagi anda yang merasa terserang asma atau kambuh terlalu sering, konsumsi bengkoang secara rutin.

6). Membangun daya ingat

Daya ingat sangat penting, terutama bagi anak-anak atau remaja yang sedang dalam masa perkembangan. Daya ingat bisa didapatkan dengan nutrisi Phyto-nutrisi yang cukup. Ajaibnya buah bengkoang mengandung phyto-nutrisi yang bisa dimanfaatkan oleh banyak ibu untuk memberikan pada anak-anaknya. Buah bengkoang selain sehat bisa menutrisi daya ingat.

7). Mencegah jerawat timbul

Kenapa bengkoang sering sekali dijadikan bahan utama sebagai pembersih wajah atau perawatan wajah. Sama halnya seperti lemon atau alpukat, selain mengandung vitamin C, buah bengkoang mengandung bahan yang dinamakan Niacin yang bisa membersihkan jerawat karena bersifat antibakteri. Dengan begitu anda yang sering mengalami jerawatan, baiknya memarut bengkoang dengan rajin dan menempelkannya pada wajah. Perawatan menggunakan bengkoang langsung lebih bagus dibandingkan dengan menggunakan masker yang sudah jadi atau instan.

8). Menghindari kulit menipis

Seringnya anda melakukan perawatan jika salah maka akan menyebabkan kulit tipis dan breakout alias pecah-pecah. Hal tersebut dinamakan Rosacea,  dimana kondisi kulit yang menipis, memerah, sehingga kapiler darah tampak di permukaan kulit. niacin bermanfaat membantu memperbaiki kondisi ini dengan cukup signifikan untuk pemakaian teratur dan telaten. Niacin terkandung pada buah bengkoang mampu meremajakan dan memperbaiki keadaan kulit pecah anda.

9). Mengoptimalkan tinggi badan

Tinggi badan bisa didapatkan tidak hanya mengonsumsi susu berkalsium atau memakan ikan beromega tinggi. Buah bengkoang bisa membantu perkembangan tinggi badan. Manfaat ini jarang diketahui, karena dasarnya buah bengkoang mengandung phyto-nutrisi yang bisa menutrisi tubuh. Sehingga bisa mengoptimalkan tinggi badan yang dimiliki. Hal ini cukup penting bagi anak-anak atau remaja yang ingin tumbuh dan berkembang dengan memiliki tinggi badan yang ideal. Konsumsi jus bengkoang atau hanya mengonsumsi buah segarnya saja, akan lebih baik.

10). Menyehatkan Tulang

Tulang merupakan bagian utama yang menjadi penopang tubuh. Maka kesehatan tulang haruslah dijaga. Bengkoang memiliki kandungan fosfor yang baik untuk kesehatan tulang. Anda bisa mengonsumsinya sebagai jus agar khasiatnya lebih terasa.

Sumber: Mengutip dari http://manfaatsehat.id
Loading...
Back To Top