Banyak Semut Dirumah?, Inilah 10 Cara Alami Mengusir Semut! Cukup Pilih Salah 1 Saja!

Semut merupakan serangga yang umum ditemui di dalam rumah, tetapi keberadaannya cukup menjengkelkan. Apalagi jika semut selalu mengerumuni makanan kesukaan Anda atau bahkan naik ke tempat tidur sehingga menganggu kenyamanan tidur Anda.


Cara mengusir semut menggunakan obat pestisida atau bahan kimia lainnya bisa berbahaya, apalagi kalau yang di rumah masih ada anak kecil. Sebagai alternatif, kita dapat mengusir semut dengan menggunakan bahan-bahan alami yang tidak berbahaya.

Berikut 10 Cara Mengusir semut dengan bahan alami

1. Kayu manis

Untuk mengusir semut, taburkan bubuk kayu manis di sekitar pintu, jendela dan lantai yang menjadi jalan masuk semut ke dalam rumah.

2. Air jeruk nipis

Bau asam jeruk nipis akan mengacaukan bau manis gula yang ditangkap semut. Untuk mengusir semut, semprotkan air perasan jeruk nipis di sekitar pintu atau jendela tempat masuknya semut.

3. Ampas kopi

Ampas kopi bisa digunakan untuk mengusir semut, caranya taburkan ampas kopi di sekitar jendela atau pintu yang menjadi jalan masuk semut ke rumah Anda.

4. Tepung jagung

Tepung jagung atau tepung maizena bisa juga untuk mengusir semut. Caranya, cari sarang semut kemudian taburkan tepung jagung di sarang semut tersebut. Tidak lama kemudian semut akan segera meninggalkan sarangnya.

5. Daun sirih

Remas-remas daun sirih dan letakkan di tempat semut berkerumun. Serangga seperti semut tidak menyukai bau minyak atsiri yang dikeluarkan oleh daun sirih.

6. Cengkeh

Taburkan cengkeh di sekeliling benda yang ingin dijauhkan dari kerumunan semut dan tempat yang sering dilalui dan digunakan untuk berkeliaran semut. Dengan mencium bau cengkeh yang khas semut akan menghindar dan pergi.

7. Peppermint

Anda bisa menggunakan sabun cair beraroma mint. Campur dengan air dengan perbandingan yang sama dalam botol semprot, kemudian semprotkan pada kerumunan semut.

8. Kulit telur ayam

Sangrailah kulit telur ayam hingga berwarna kehitaman. Kemudian tumbuklan kulit telur tersebut sampai halus. Selanjutnya Taburkan di tempat dimana semut-semut tersebut bersarang.

9. Cuka

bagi semut, cuka adalah hal yang dibenci. Menuangkan cuka di atas sarang semut akan membuat semut pergi dari sarangnya dan tidak akan pernah kembali lagi.

10. Sabun cuci

Campur air dengan sabun cuci piring, dan masukkan kedalam botol semprot. Untuk mengusir semut, semprotkan air yang sudah dicampur dengan sabun tersebut pada kerumunan semut.

Sumber: http://jakartasehat.pedia.id
Loading...
Back To Top