Terungkap, Ternyata Ini Sejuta Manfaat Dari Ajinomoto, yang Banyak Orang Belum Ketahui !!

Bahan penyedap makanan biasanya digunakan untuk campuran masakan supaya menguatkan rasa masakan. Vetsin atau MSG (monosodium glutamate) biasa dicampurkan dalam berbagai masakan.

Masyarakat Indonesia gemar menambahkan MSG ke dalam campuran makanan seperti bakso, soto, sup dan tumisan. Tak ayal jika masyarakat Indonesia selalu menyediakan vetsin sebagai salah satu bumbu yang wajib ada di rumah.
Di Indonesia nama merek untuk vetsin sangat banyak ragamnya. Ajinomoto merupakan nama merek dari salah satu produk penyedap makanan yang berupa vetsin atau MSG. Biasanya vetsin ini berwarna putih dan berbentuk kristal yang bisa larut. MSG merupakan saah satu jenis garam yang mengandung natrium yang sebenarnya tidak berbahaya jika dikonsumsi setiap hari asalkan dengan takaran yang tidak berlebihan.
1. Menyuburkan Tanaman
Ajinomoto bisa membantu menyuburkan tanaman. Kandungan natrium dalam bumbu ini mempengaruhi tingkat kesuburan tanaman tersebut. Caranya dengan melarutkan ajinomoto dengan air dan menyiramkan pada tanaman secara teratur. Hasilnya akan terlihat dengan daun yang lebih hijau, daun yang tumbuh lebih lebat dan tanaman menjadi lebih sehat. Natrium yang terkandung juga membuat proses pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat sehingga batang tanaman menjadi cepat besar.
2. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tanaman
Tanaman juga memerlukan nutrisi untuk dapat hidup. Nutrisi pada tanaman biasanya didapatkan dari pupuk yang kita berikan atau zat hara yang terkandung dalam tanah. Namuan ada kalanya pupuk yang kita berikan tidak cocok dengan tanaman sehingga tanaman tidak berkembang dengan baik. Caranya adalah dengan menyemprotkan larutan MSG Ajinomoto ke tanaman sebagai pupuk untuk memenuhi nutrisi tanaman. Ajinomoto juga bisa mempengaruhi munculnya bunga pada tanaman lebih cepat.
3. Meningkatkan Kadar Air
Natrium dalam Ajinomoto mampu mencegah terjadinya resistensi air atau mencegah tanaman kekurangan air terutama saat musim kemarau. MSG Ajinomoto membantu mengoptimalkan kerja tanaman dalam penyerapan air saat musim kering. Dengan adanya air maka nutrisi yang diperlukan tanaman bisa diserap maksimal yang akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman menjadi lebih subur.
4. Terhindar dari Pupuk Kimia Berbahaya
MSG Ajinomoto bisa digunakan sebagai alternatif pupuk yang ramah lingkungan. Terkadang pupuk kimia yang dijual dipasaran untuk tanaman mengandung bahan kimia berbahaya yang bisa merusak komposisi tanah dan lingkungan. Tanaman yang rutin disiram dengan MSG Ajinomoto memiliki tingkat kesuburan dan pertumbuhan yang lebih baik pada minggu ketiga dan minggu keempat dibanding tanaman yang menggunakan pupuk kimia biasa.
Ajinomoto memiliki senyawa C, H, O, N dan Na yang merupakan senyawa yang diperlukan sebagai nutrisi perkembangan tanaman. Kandungan N atau nitrogen memiliki manfaat untuk merangsang pertumbuhan bgaian tanaman, seperti batang, cabang dan daun. Juga membantu dalam proses pembentukan protein dan lemak yang dibutuhkan tanaman dalam proses pertumbuhan.
5. Jangan Digunakan pada Tanaman Buah
Manfaat yang banyak dalam MSG Ajinomoto untuk tanaman ternyata tidak bisa digunakan pada semua jenis tanaman. Tanaman buah tidak boleh diberikan pupuk larutan MSG Ajinomoto ini karena akan mempengaruhi hasil buah. Hasil buah pada tanaman buah tidak akan segar jika menggunakan MSG Ajinomoto. Hal ini karena tanaman buah memerlukan pupuk yang memiliki nutrisi yang jauh lebih banyak daripada tanaman bunga atau yang lain.
Tag : Informasi, Ragam, Tips
Loading...
Back To Top