STOP! Jangan Lakukan Kebiasaan Ini Lagi Jika Tak Ingin Terkena Batu Ginjal! Simak Selengkapnya

Batu ginjal merupakan suatu kondisi dimana material keras yang menyerupai batu terbentuk di dalam ginjal. Material tersebut berasal dari sisa zat-zat limbah di dalam darah yang disaring oleh ginjal yang kemudian mengendap dan mengkristal seiring waktu.Endapan batu di dalam ginjal bisa disebabkan oleh makanan atau masalah kesehatan lain yang mendasari. Gejala batu ginjal tidak akan terasa jika ukuran batu relatif kecil dan bisa keluar dari saluran kemih bersamaan dengan aliran urine dengan lancar. 


Nah, Berikut Kebiasaan yang dapat memicu timbulnya batu ginjal:

1. Sering mengonsumsi suplemen kalsium

Menurut penelitian, konsumsi suplemen kalsium yang berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. Untuk memenuhi kebutuhan kalsium Anda, konsumsilah makanan yang tinggi kalsium, seperti susu, yoghurt, keju, brokoli, dan ikan teri.

2. Terlalu banyak konsumsi vitamin C

Konsumsi vitamin C dosis tinggi juga dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit batu ginjal. Vitamin C memang baik untuk kesehatan dan Anda boleh saja mengonsumsi suplemen vitamin C, namun dalam batas yang wajar (kurang lebih 500 mg sehari). 

3. Gemar menyantap makanan asin

Makan makanan asin dapat meningkatkan kadar sodium di dalam urine serta dapat menghambat penyerapan kalsium kembali ke dalam tubuh. Oleh karena itu, kalsium akan menumpuk di dalam urine dan dapat menyebabkan terbentuknya batu kalsium pada saluran kemih.

4. Terlalu banyak konsumsi makanan tinggi oksalat

Untuk menghindari terbentuknya batu ginjal jenis oksalat, kurangilah konsumsi makanan tertentu yang memiliki kandungan tinggi oksalat. Makanan tersebut antara lain adalah bayam, ubi, bit, kacang kedelai, tempe, tahu, cokelat, dan kopi.

5. Sering makan daging

Terlalu banyak konsumsi daging dapat membuat urine menjadi asam, sehingga memudahkan terjadinya batu ginjal jenis asam urat dan oksalat.

Sumber: dokter_pedia dan berbagai sumber
Loading...
Back To Top