Jangan Remehkan BUAH SALAK, Inilah Manfaat AJAIB dari Buah Salak! Mulai dari Mencerdaskan Otak Hingga Menurunkan Berat Badan

Siapa yang tidak mengenal buah salak?, buah ini dapat dimakan langsung atau dibuat asinan, kripik dan cemilan lainnya. Salak memiliki rasa manis asam yang khas sehingga sangat banyak digemari banyak orang. 


Tetapi banyak juga yang tidak mengetahui manfaat dari buah salak ini. Berikut manfaat ajaib dari buah salak 

Meningkatkan kecerdasan otak

Kandungan buah salak yang berperan untuk meningkatkan fungsi kecerdasan otak adalah potassium. Potassium dimanfaatkan oleh saraf selain untuk meningkatkan kecerdasan otak, juga digunakan untuk menjaga kesehatan jantung dan fungsi fisiologi tubuh lainnya. Potassium tidak hanya meningkatkan kecerdasan otak namun juga fungsi otak lainnya terutama untuk mengelola informasi dan output yang diterima oleh rangsangan panca indera. Oleh karena itu anak kecil disarankan mengkonsumsi buah salak.

Menjaga kesehatan mata

Salak dapat menjaga kesehatan mata terutama yang berhubungan dengan jarak pandang. Kandungan betakaroten pada buah salak sebanding dengan wortel, sehingga bisa menjadi alternatif untuk menjaga kesehatan mata selain wortel. Jika dibandingkan dengan buah lain, betakaroten pada salak lebih banyak 5,5 kali dibanding buah mangga, dan 5 kali lebih banyak dibanding buah semangka.

Mencegah sembelit dan menurunkan berat badan

Mitos yang beredar tentang mengkonsumsi buah salak dapat menyebabkan susah buang air besar dipatahkan dengan penelitian yang menyebutkan bahwa kulit ari pada buah salak mengandung banyak serat yang justru bisa melancarkan buang air besar dan menghilangkan sembelit. Banyak orang saat mengkonsumsi salak justru mengupas kulit tipis atau kulit ari yang ada pada daging buah, padahal justru di situlah kandungan serat terbanyak untuk mendapatkan khasiat buah salak yang maksimal. Selain sembelit, buah salak juga mampu mengatasi diare karena mengandung zat tannin. Karena mengandung serat yang banyak, Anda yang sedang berdiet cocok untuk mengkonsumsi buah salak untuk melancarkan pencernaan dan membuang kelebihan lemak keluar tubuh.
Loading...
Back To Top