LUAR BIASA!, Tambahkan Cuka Pada Saat Mencuci Pakaian Dan Anda Akan terkejut melihat hasilnya!

Mencuci pakaian adalah kegiatan sehari-hari yang melelahkan tetapi merupakan suatu keharusan. Nah, jika baju yang dicuci masih belum bersih atau ada noda yang tertinggal tentu menimbulkan rasa kesal karena harus mencuci ulang. Supaya mencegah hal itu terjadi, gunakan cuka pada saat mencuci pakaian maka hasilnya akan lebih baik.


Cuka atau asam asetat biasanya menjadi bahan tambahan dalam resep masakan. Rasa asamnya memberi kesegaran tersendiri, misalnya pada asinan, juga menghilangkan bau amis seperti pada olahan ikan. Lebih dari itu, cuka ternyata tidak hanya memberi manfaat untuk dapur kamu. Cuka bahkan memberi keajaiban bagi cucian baju. Cuka putih adalah bahan pembersih alami yang murah, efektif, dan aman untuk digunakan pada berbagai kain, mulai dari handuk dan seprei hingga bahan halus dan pakaian bayi.

Berikut 10 cara mudah memanfaatkan cuka untuk rutinitas mencuci pakaian, dikutip Ehow:

1. Mencerahkan Warna

Tambahkan 250 ml cuka putih pada pakaian sebelum dicuci. Cara ini dapat membantu pekerjaan deterjen hingga lebih efektif serta melindungi warna pakaian tidak memudar.

Manfaat lainnya adalah melarutkan residu yang biasa ditinggalkan oleh sabun dan deterjen. Hasilnya adalah warna pakaian yang cerah.

2. Pelembut Kain

Ganti pelembut kain yang mahal dengan cuka putih. Cuka bertindak sebagai pelembut kain alami yang melembutkan pakaian tanpa meninggalkan residu. Tambahkan 250 ml cuka pada bilasan terakhir cucian baju kamu.

3. Menghilangkan Residu Sabun

Asam asetat dalam cuka putih memecah residu sabun yang mungkin ada pada baju, handuk, selimut, dan seprei. Residu ini dapat mengiritasi kulit sensitif, terutama pada bayi dan anak-anak. Tambahkan 500 ml cuka putih pada bilasan terakhir untuk menghilangkan residu sabun saat kamu mencuci handuk, seprei, ataupun selimut.

Cuka putih akan mengangkat semua penumpukan sabun yang terakumulasi dari waktu ke waktu. Hasilnya, handuk akan menjadi lebih lembut.

4. Meminimalkan Bulu Binatang

Cuka juga akan membantu meminimalkan serat dan bulu binatang peliharaan. Tambahkan 250 ml cuka pada bilasan terakhir cucian untuk membantu mencegah serat dan bulu hewan peliharaan menempel pada kain.

5. Menjaga Warna Putih Pakaian

Cuka menjaga pakaian putih tetap putih dan menghilangkan noda kuning. Untuk menjaga warna putih pakaian, tambahkan 750 ml cangkir cuka pada bilasan terakhir cucian baju kamu yang berwarna putih.

Untuk menghilangkan noda, bawa panci besar berisi air mendidih lalu tambahkan 250 ml cuka. Gunakan untuk merendam pakaian putih lalu cuci seperti biasa.

6. Mengangkat Noda

Kini, kamu tidak perlu lagi sedih saat kopi tumpah di baju kesayangan. Cuka putih dapat mengangkat noda kopi dan soda maupun cokelat dan jelly dari pakaian.

Semprotkan cuka pada baju 100% katun dan polyester yang terkena noda saat kamu hendak mencucinya. Biarkan hingga menyerap selama sekitar 10 menit.

Kemudian, tekan bagian tersebut menggunakan kapas bersih hingga nodanya terangkat. Bisa juga digosok perlahan dengan sikat lembut lalu cuci sesuai instruksi perawatan baju tersebut. Untuk noda deodoran yang membekas pada baju, semprotkan bagian yang terkena noda dengan bagian ujung kain lap yang telah diberi cuka lalu cuci seperti biasa.

7. Menghilangkan Bau

Cuka sangat bagus untuk menghilangkan bau, termasuk bau asap atau jamur. Tambahkan 500 ml cuka putih pada bilasan terakhir untuk menghilangkan bau.

Untuk menghilangkan bau asap, isi ember dengan air panas lalu tambahkan 1 liter cuka. Gantung pakaian di atas ember, dan biarkan cuka menyerap bau.

Lupa untuk mengambil pakaian dari mesin cuci dan sekarang berbau apak? Tidak masalah! Bilas lagi pakaian tersebut dengan tambahan air panas dan 2 cangkir cuka. Kemudian, cuci lagi dengan deterjen untuk menyingkirkan bau apak tersebut.

8. Mencegah Pudar

Anda dapat mencegah warna baju memudar sekaligus memperpanjang umur pakaian berwarna dengan cuka sebelum dicuci. Rendam pakaian berwarna dalam larutan satu cuka bagian dan satu bagian air selama 20 menit. Angkat kemudian cuci seperti biasa.

9. Mencuci Bahan Lembut

Gunakan cuka, bukan deterjen, untuk mencuci bahan lembut dan baju renang. Tambahkan 150 ml cangkir cuka ke wastafel penuh air hangat lalu rendam pakaian tersebut halus selama 15 sampai 30 menit. Bilas secara menyeluruh lalu keringkan di udara terbuka.

10. Membersihkan Mesin Cuci

Residu sabun lama-kelamaan dapat menumpuk di mesin cuci dan selangnya. Angkat residu sabun dan bersihkan mesin cuci dengan menambahkan 500 ml cuka ke mesin cuci yang hanya diisi air, tanpa pakaian kotor. Jalankan mesin cuci seperti siklus mencuci normal sebulan sekali.

Sumber: http://www.gulalives.co
Loading...
Back To Top